Selamat datang di “CILPA MEDIA” Konten informasi, literasi, dan edukasi seputar dunia kesenian dan kebudayaan

Selasa, 02 Juni 2020

PENDIDIKAN "SENI BUDAYA" MASA KINI

Konten informasi dan literasi kesenian dan kebudayaan

       Saat ini berbagai teknologi seperti komputer, internet, media sosial menjadi hal yang selalu digunakan bahkan menjadi seperti teman hidup sehari-hari. Masa depan yang penuh keunggulan tersebut selanjutnya akan mempengaruhi dunia pendidikan baik dari sisi kelembagaan, materi pendidikan, guru, metode, sarana prasarana dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadi tantangan yang harus dijawab oleh dunia pendidikan masa kini, termasuk pembelajaran Seni Budaya. 
       Pembelajaran abad 21 adalah salah satu tantangan yang harus diantisipasi dan dihadapi dalam dunia pendidikan. Guru di abad 21 harus melek akan teknologi karena di abad 21 profesional guru tidak hanya dituntut memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial tetapi juga dituntut memiliki kompetensi profesional salah satunya di bidang teknologi guna pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi dan informasi dapat melahirkan kreativitas guru dan peserta didik dengan memanfaatkan berbagai media dan sumber belajar.

       Untuk menghadapi dinamika pendidikan tersebut, Ikatan Guru Indonesia telah menghadirkan banyak program bagi para guru, salah satunya dalah “Satu Guru Satu Blog” yang lebih familiar disebut SAGUSABLOG. Program ini sangat penting, karena  di Era Revolusi Industri 4.0 ini bukan hanya mengembangkan ilmu secara formal tetapi secara sistem teknologi informasi untuk tenaga pendidik yang profesional, terlatih, unggul, dan terus berkembang.

Pendidikan Seni Budaya Masa Kini

       Hal tersebut tidak dapat terlepas juga dalam peran guru dalam bidang seni dan budaya yang lebih banyak ke pembelajaran praktik. Dalam hal ini, guru seni budaya memiliki peran sangat dominan dalam menyampaikan dan memotivasi peserta didik dalam pemanfaatan berbagai sumber belajar guna meningkatkan pengetahuan serta kreativitasnya.  Untuk itu, Cilpa Media akan menyampaikan beberapa modul mata pelajaran seni budaya khususnya di bidang musik.

       Dilansir dari Repositori Institusi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, berikut Cilpa Media melampirkan file modul sebagai Guru Pembelajar Seni Budaya khususnya di bidang musik, untuk praktisi pendidikan di bidang seni dan budaya, dan umumnya untuk pemerhati musik:
       Dengan memperdalam kembali materi dalam modul tersebut, diharapkan guru dapat melahirkan peserta didik yang kreatif, inovatif serta terampil dalam bidang seni.


Salam Seni dan Budaya



Cilpa MediaSupported by:

0 komentar:

Posting Komentar